Cara Melakukan Screenshot Layar HP di Semua Merk Android

Cara Screenshot Layar Android – Kemudahan untuk menyimpan sebuah informasi yang didapat dalam bentuk text atau gambar bisa dilakukan oleh HP Android. Sebagai salah satu operasi sistem yang banyak digunakan, Android memiliki kecakapan fitur screenshot atau penangkapan gambar layar. Perlu kami informasikan bahwa layanan Screenshot sendiri biasanya dilakukan guna mengabadikan gambar atau bagian penting dari suatu hal yang menarik dari ponsel Android yang dimiliki, entah itu berupa pesan, hasil dari suatu permainan, riwayat percakapan, atau yang lainnya. Nah, untuk mengambil Screenshot (SS), ada beberapa langkah yang bisa dilakukan, tergantung dengan jenis dan merek ponsel Android yang dimiliki.

Pada dasarnya pengambilan screenshot sendiri berfungsi untuk mempermudah dalam pengambilan data yang ada pada layar hanya dengan menangkap / capture. Pada dasarnya fungsi screenshot telah menjadi fitur standar dari Android dimana dari Android versi Ice Cream Sanwich (4.0) ke atas. Jadi bisa dikatakan bahwa apabila HP yang digunakan sudah menggunakan Android versi Ice cream Sandwich, Jelly Bean, KitKat, dan Lollipop atau bahkan yang terbaru Android Marshmallow dan Nougat. Yang memudahkan lagi adalah untuk melakukan screenshot sendiri juga tidak memerlukan aplikasi pihak ketika melainkan sudah tersedia secara default atau bawaan. Namun yang membedakan adalah cara screenshot HP Android masing-masing merek memiliki alternatif yang berbeda-beda.

Cara Screenshot HP Android

Cara Screenshot HP Android (androidcentral.com)

Mungkin fitur screenshot sendiri sudah dikenal lebih dulu pada komputer ataupun laptop yang mana pengguna bisa menekan tombol PrintSCrn  pada Keyboard. Namun berbeda ketika anda menggunakan smartphone Android dimana pengguna di perlukan menekan kombinasi beberapa tombol yang nantinya bisa capture gambar / text yang ada pada layar HP. Misalnya saja untuk pegambilan screenshot HP Asus Zenfone 4C dimana untuk melakukannya bisa menekan kombinasi tombol power dan juga down volume. Setelah itu tampilan layar yang ada pada smartphone secara otomatis akan tersimpan. Maka dari itu untuk lebih lengkap mengenai cara Screenshot semua HP Android kami akan memberikan penuturannya dibawah ini.

Cara Screenshot HP Samsung

Jika saat ini Anda menggunakan smartphone yang merek Samsung maka anda bisa menggunakan cara menekan dan menahan tombol HOME kemudian tekan tombol LOCK dua kali. Cara screenshot Samsung tersebut bisa digunakan pada tipe atau jenis Samsung Galaxy Young, Young Duos, Mini dan Galaxy Star. Untuk bisa menemukan tombol Home berada ditengah sedangkan untuk tombol Lock berada di sebelah kanan. Maka secara tidak langsung hasil gambar bisa dilihat di folder ScreenCapture.

Cara Screenshot Sony Xperia

Berbeda dengan Samsung, bahwa untuk HP Sony Xperia memiliki cara screenshot yang berbeda yaitu dengan menekan tombol Volume bawah dan tombol Power secara bersamaan selama kurang lebih 3 detik. Dengan begitu hasil gambar / salinan text yang sudah di capture bisa langsung bisa dilihat di pada gallery.

Cara Screenshot pada Lenovo

Apabila saat ini Anda sedang menggunakan HP Lenovo cara melakukan Screenshot pada HP Android ini hampir sama seperti Screenshot pada Sony Xperia yaitu dengan cara menekan tombol Volume Bawah dan tombol Power secara bersamaan selama kurang lebih 3 detik. Langkah tersebut khususnya bisa diaplikasikan langsung pada Lenovo A369i dan secara otomatis gambar akan tersimpan.

Cara Screenshot OPPO Smartphone

Tidak jauh berbeda dengan HP Sony Xperia dan Lenovo, cara melakukan Screenshot pada HP Oppo Smartphone adalah dengan menekan kombinasi tombol Volume Bawah dan tombol Power secara bersamaan. Dengan begitu maka secara otomatis salinan gambar akan tersimpan di gallery.

Cara Screenshot Evercoss & Cross Andromeda Series

Jika saat ini menggunakan HP Evercoss dan Cross Andromeda dengan tipe Cross A7S, Cross A7T dan Cross A88, maka untuk melakukan screenshot pada HP EverCoss adalah dengan menekan kombinasi tombol Volume Bawah dan tombol Power secara bersamaan sampai layar mencepret / menyalin gambar yang akan di capture. Salinan tersebut bisa dilihat pada menu gallery.

Cara Screenshot HTC One

Untuk yang menggunakan HP HTC One ada 2 cara dalam mengambil screenshot yaitu untuk versi Android 4.0 ke atas dan versi HTC sendiri. Untuk yang pertama, bisa menekan tombol Power beserta Volume Down secara bersamaan hingga ada bunyi suara shutter. Lalu untuk versi HTC bisa mengambil screenshot dengan menekan tombol Power + Home button. Prosedur ini juga bisa diterapkan pada sejumlah produk HTC seperti HTC One X, HTC Desire X, dam HTC Desire U.

Cara Screenshot Lenovo

Bagi yang menggunaka smartphone Lenovo maka sara melakukan Screenshot Android ini adalah dengan menekan kombinasi tombol Volume Bawah  dan tombol Power secara bersamaan selama 3 detik. Tunggu sampai ada bunyi shutter maka hasilnya bisa dilihat pada menu gallery HP. Cara screenshot Android tersebut bisa diterapkan pada tipe HP Lenovo  A369i.

Source:

cara sreenshoot pada masing-masing merk HP