Begini Cara Reset HP Andoid ke Pengaturan Awal / Pabrik

Reset Android ke Pengaturan Pabrik – Hadirnya berbagai sistem operasi yang saat ini ada di Indonesia tidak hanya memberikan penawaran mengenai aplikasi yang dihadirkan namun juga fitur dan layanan yang mendukung dalam memberikan service-nya. Sama halnya dengan Android yang sampai saat secara konsisten masih merajai sistem operasi bersama BlackBerry, iOS dan yang lainnya. Ramainya merek smartphone Android yang ada dipasaran tentunya memberikan spesifikasi mumpuni dengan harga yang terjangkau. Selain itu kelebihan lainnya dibanding ponsel OS lainnya yaitu, pengguna dapat sesuka hati memperpadupadankan perangkat menjadi lebih baik. Dengan perangkat dengan OS buatan Google ini telah memiliki market store yang menyediakan berbagai macam aplikasi Android terbaik yang saat ini juga menjadi primadona di masyarakat.

Dengan sejumlah kelebihan yang termuat dalam operasi sistem Android, tentunya masih membawa beberapa dampak kekurangan. Mungkin salah satu kelemahanya adalah apabila pengguna terlalu banyak melakukan install terhadap beberapa aplikasi yang ada di Play Store, maka kemungkinan besar dampaknya bisa membuat Android sangat rentan mengalami over capacity memori dan chace. Selain itu juga akan membawa pengaruh pada HP yang terkadang semakin berat / lemot bahkan sistemnya menjadi rusak. Dengan begitu tidak jarang pengguna harus melakukan cara reset ulang Android. Namun jika tidak dilakukan, maka berbagai aplikasi akan mengalami kendala. Misalnya saja pada aplikasi Facebook, jika aplikasi atau ponsel lemot maka tampilan timeline tidak akan muncul secara sempurna.

Cara Reset HP Andoid ke Pengaturan Awal

Cara Reset HP Andoid ke Pengaturan Awal (tomsguide.com)

Ada beberapa alasan lain pengguna hp Android harus melakukan reset ulang Android salah satunya ketika hendak Hp akan berpindah tangan pemilik atau dijual. Biasanya dalam melakukan reset ulang Android harus dilakukan ketika HP pada saat booting ke sistem Android dan dalam kondisi Bootloop. Hal ini memang perlu dilakukan lantaran tindakan terhadap masalah factory reset Android Berbeda. Apabila HP sudah Bootloop, berarti menandakan sudah mengalami kerusakan sistem yang parah, sehingga harus ditangani lebih serius. Walaupun saat ini sudah ada banyak cara mengatasi Android error salah satunya dengan cara reset Android ke pengaturan pabrik yang akan kami berikan dibawah ini.

Cara Reset Android via Setting

  1. Masuk ke menu setting
  2. Lalu cari menu backup & reset
  3. Kemudian tap factory data reset
  4. Tidak lama kemudian akna muncul beberapa opsi pilihan, lalu centang yang perlu
  5. Lalu tap reset device
  6. Setelah itu Android akan langsung restart secara otomatis, namun jika tidak lakukan sendiri
  7. Untuk menggunakan mode pintas cara reset Android, bisa dengan cara ketik *2767*3855#

Cara Reset Android via Recovery Mode

  1. Pastikan kapasitas baterai masih dalam keadaan penuh, minimal 90%
  2. Selanjutnya matikan HP
  3. Tekan dan Tahan tombol HOME + Power + Volume Up secara bersamaan
  4. Gunakan Volume Up untuk memilih menu Factory reset / Wipe data
  5. Kemudian tekan tombol Home untuk memulai reset
  6. Terakhir pilih lagi menu Reboot System Now

Disisi lain kami juga akan memberitahukan bahwa sebelum melakukan beberapa cara reset Android yang kami berikan diatas, kami sarankan untuk melakukan proses backup terlebih dahulu pada beberapa file atau data yang dirasa itu penting untuk disimpan. Misalnya ada beberapa gambar, daftar lagu atau video ke dalam memori eksternal atau bisa juga menggunkan aplikasi backup data untuk meminimalisir hilangnya data yang tersimpan di memori internal / telepon.