Cara Menghilangkan Virus Android dengan Mudah Tanpa Aplikasi

Cara Menghilangkan Virus Android – Dalam beberapa kali kesempatan bisa dikatakan bahwa sistem operasi paling banyak digunakan oleh pengguna Smartphone di seluruh dunia tentu saja Android. Dimana operas sistem yang digarap pada tahun 2007 silam ini bersifat open source bagi setiap developer untuk mengembangkan aplikasi milikinya. Namun dari keunggulan tersebut HP yang berbasis Android cukup rentan disusupi virus pada setiap aplikasi yang dirancang. Namun tidak jarang bahwa pada Google playstore sendiri setiap aplikasi yang dirilis sudah pasti sudah melalui tahap uji kelayakan dan review dari pihak pengembang yang selama ini menaungi Operasi sistem yang digunakan oleh hampir semua merek smartphone yang ada di Indonesia.

Sama seperti yang sudah kami informasikan sebelumnya sistem operasi Android merupakan salah satu sistem operasi perangkat mobile yang cukup rentan akan serangan virus / malware. Hal tersebut mungkin bisa saja terjadi lantaran banyaknya aplikasi yang dikembangkan oleh developer yang memungkinkan pihak pengembang sendiri melakukan lolos uji. Sedikit kami jelaskan pula bahwa virus biasanya disisipkan dalam aplikasi dan akan menginfeksi perangkat Android setelah aplikasi tersebut di install. Walaupun Google Play Store sendiri sudah menyediakan fitur untuk memfilter aplikasi berbahaya bagi penggunanya. Biasanya pengguna akan melakukan cara membersihkan virus HP Android yang digunakannya.

Cara Menghilangkan Virus Android

Cara Menghilangkan Virus Android (virusresearch.org)

Jika smartphone sudah terkena virus pada aplikasi yang baru saja terinstall, biasanya para pengguna yang sudah bingung dengan HP Androidnya yang sudah mulai banyak dimasuki virus atau malware. Dengan begitu secara tidak langsung akan mempengaruhi kinerja HP yang akan semakin melambat atau terganggu dengan virus Android. Dengan begitu mereka akan langsung melakukan hard reset atau factory reset yang bisa dibilang cara ampuh menghilangkan virus di dalam HP Android-nya. Akan tetapi bukan hanya virus saja yang akan hilang namun aplikasi dan data serta file penting lainnya akan ikut terhapus secara permanent jika anda melakukan hard reset. Maka dari itu disini kami akan memberitahukan cara menghilangkan virus di Android yang bisa dilihat berikut ini.

Masuk Safe Mode

Untuk melakukan penghapusan virus smartphone maka hal uatam yang harus dilakukan adalah masuk ke tampilan safe mode. Perlu diketahui bahwa dalam tampilan safe mode, akan lebih leluasa karena selain tampilannya ringan dan juga aman, semua aplikasi akan hilang kecuali aplikasi inti. Pengguna tidak lagi perlu merasa perlu kawatir karena aplikasi bukan hilang selamanya, melainkan hanya sementara. Jadi bisa dikatakan bahwa pada safe mode ini aplikasi yang anda unduh dan install akan tampak hilang, meskipun sebenarnya tidak hilang. Nah pada saat anda menggunakan safe mode pada HP Android sebaiknya gunakan kesempatan untuk menghapus berbagai dump files atau cache dan juga file mencurigakan yang di duga adalah virus atau malware.

Cek Aplikasi dan Hapus

Apabila sduah masuk dalam safe mode maka pengguna bisa melihat langsung aplikasi yang terinstal pada HP Android anda. Pengguna bisa langsung masuk ke menu settings > aplications > download. Dengan begitu anda lihat apakah ada aplikasi yang mencurigakan, jika ada silahkan uninstall aplikasi tersebut. Disisi lain pada menu downloaded ini semua aplikasi selain aplikasi sistem bawaan akan hilang atau tidak akan muncul, namun karena HP Android terkena virus maka sistem akan memunculkan aplikasi pihak ketiga yang belum pernah di unduh.

Hapus Akses Administrator

Dengan menggunakan safe mode, silahkan hapus akses administrator aplikasi yang dianggap mencurigakan. Caranya adalah dengan masuk ke menu settings > security > device administrator. Lihat apakah ada aplikasi mencurigakan. Dengan melihat beberapa aplikasi yang dianggap tidak pernah mengunduh, maka secara langsung anda bisa hapus atau uninstall.

Keluar Safe Mode

Apabila semua tahapan di atas selesai, berarti virus atau malware yang menyerang HP Android anda sudah hilang. Maka Silahkan keluar dari safe mode dan kembali ke tampilan normal. Untuk bisa keluar dari safe mode anda bisa melakukan restart HP Android dan tunggu beberapa saat sampai smartphone yang digunakan kembali normal pada keadaan semula.

Untuk mengantisipasi adanya virus atau malware yang masuk kedalam HP Android, saat ini sudah ada beberapa alat atau aplikasi scanning yang berfungsi untuk mendeteksi virus yang masuk dalam ponsel. Beberapa aplikasi pihak ketiga yang bisa di dapatkan di Playstore diantaranya adalah  Avast Mobile Security, AVG Antiviru, Security, Lookout, Kaspersky Internet Security dan yang lainnya. Namun kami juga akan menambahkan agar HP Android tidak terkena virus adalah untuk tidak membebani kapasitas RAM terlalu besar.