Cara Menghemat Baterai Android dengan Aplikasi & Fitur HP

Cara Hemat Baterai Android – Memiliki layanan yang menyediakan beragam kecanggihan dalam satu sistem tentunya bisa memberika ke praktisa dalam pengoprasionalannya. Hal ini yang terlihat pada sistem operasi Android kita yang saat ini masih konsisten bertengger pada puncak ketenarannya. OS yang dirilis pada tahun 2008 yang lalu ini memilik banyak ragam fitur yang ada didalamnya. Ada ratusan pilihan aplikasi yang bisa digunakan dalam smartphone untuk memenuhi tingkat kepuasan dari masyarakat modern saat ini. Sebagai salah satu yang pertama kali diluncurkan oleh Google semakin memberikan kenyamanan dalam penggunaan (user friendly) serta performa yang mumpuni dari sistem operasi ini menjadikan mayoritas pengguna berpindah ke Android yang sebelumnya trend dengan Symbian.

Sebagai sistem Android yang di gunakan oleh vendor-vendor ternama seperti Samsung, HTC, Sony dan yang lainnya tetunya memilki performa yang bisa dianggap tidak memiliki celah kelemahan. Namun yang menjadi kendala yang belakangan ini kerap diutarakan oleh pengguna adalah menyayangkan performa baterai Android cepat boros atau habis. Kondisi tentang borosnya penggunaan baterai pada perangkat Android bisa dikatakan sesuatu hal yang sering terjadi. Borosnya baterai  Android memang wajar mengingat fungsi, fitur, dan aktifitas yang dilakukan oleh smartphone yang memliki sistem operasi warna hijau ini berbeda dengan Hp biasa. Walaupun terkadang ada masyarakat awam yang masih belum mengetahui cara menghemat baterai Android.

Cara Hemat Baterai Android

Cara Hemat Baterai Android (indianwikipedia.in)

Untuk smartphone yang dirancang untuk memudahkan berbagai aktifitas pada perangkat Android disematkan beberapa fitur canggih untuk mendukung kinerjanya. Selain itu fitur-fitur yang kaya kinerjanya tergolong berat untuk ukuran Hp yang membutuhkan suplai tenaga yang cukup besar sehingga baterai smartphone (khususnya Android) lebih cepat habis. Pada dasarnya ada beberapa faktor yang membuat baterai cepat habis, beberapa diantaranya adalah konektivitas yang didukung oleh tiap perangkat khususnya jaringan selular kurang stabil, beberapa aplikasi-aplikasi juga turut berperan dalam menguras daya baterai. Maka dari itu bagi Anda yang saat ini ingin mengetahui beberapa list cara hemat baterai Android, kami akan berikan pemaparannya di bawah ini.

1.Matikan Fasilitas Auto Sync.

Sebagai salah satu perangkat yang paling laris digunakan oleh masyarakat umum,  Android telah memfasilitas Auto Sync ini mengijinkan Hp untuk melakukan sinkronisasi data dengan akun-akun seperti Google, Facebook, Whatapps, dan yang lainnya yang telah ditambahkan di saat koneksi internet tersedia. Hal inilah yang menjadi salah satu penyebab baterai Android cepat boros. Maka dari itu untuk menonaktifkan Auto Sync gunakan Menu > Pengaturan > Akun dan synk. Hilangkan kedua centang / cheklist pada bagian data latar belakang dan Sync otomatis.

2. Matikan Koneksi Data, Bluetooth, dan GPS

Menjadi sistem operasi yang userfriendly, Android akan mengkoneksikan semua aplikasi yang telah terinstall dengan koneksi internet. Namun kebanyakan masyarakat yang menggunakan data paket internet akan memakan energi baterai Hp cepat habis dibanding dengan menggunakan Wi-fi. Selain itu matikan beberapa fitur yang jarang terpakai seperti GPS dan Bluetooth.  Hal ini dikarenakan transmiter jaringan nirkabel akan terus mencari koneksi nirkabel secara berkala selama fitur tersebut tetap diaktifkan. Untuk mematikan fitur tersebut, geser bagian atas layar ke arah bawah. Lalu geser menu ke arah samping dan hilangkan tanda pada layanan yang tidak digunakan.

3. Kurangi Screen Brightness / Kecerahan

Dalam penggunaan smartphone tentunya memiliki beberapa fitur yang membantu pengguna dalam pencahayaan ketika sedang berada didalam ruang yang redup. Semua jenis smartphone Android telah diberikan fitur pengaturan tingkat kecerahan. Screen Brightness / kecerahan yang terlalu terang akan menyebabkan konsumsi baterai semakin boros. Selain itu usahakan juga tidak menggunakan auto Brightness karena juga akan membuat baterai Android cepat habis. Maka dari itu untuk mengatur screen brightness Android menjadi agak lebih redup adalah dengan gunakan Menu > Pengaturan > Tampilan > Pencerahan> Sesuaikan dengan Kondisi Pencahayaan Ruangan

Dengan adanya pilihan cara hemat baterai Android diatas, setidaknya Anda punya referensi baru untuk lebih menghemat daya baterai. Selain itu, ada juga hemat baterai menggunakan aplikasi yang ada di Playstore, salah satunya dengan DU Battery Saver & baterai yang dikembangkan oleh DU APPS STUDIO. Aplikasi yang memiliki share ratting sebagnyak 4.5 ini tentunya memiliki fitur yang bisa membantu Anda dalam mengatasi baterai boros. Beberapa diantaranya adalah memiliki Mode Pre-set dimana dapat  mengatur mode yang sesuai penggunaan energi. Jika tertarik untuk memasangnya bisa mengunduh di Play Store atau klik disini