Cara Mengatasi Android yang Lemot Tanpa Menggunakan Aplikasi

Cara Mengatasi Android yang Lemot – Dalam skala waktu yang relatif singkat, ada banyak inovasi yang berkembang yang tidak hanya dari sisi penggunaanya saja namun juga dari tingkat fasilitatornya. Seperti yang diketahui oleh publik bahwa penggunaan media komunikasi saat ini semakin berkembang. Pengaruh dari perubahan ini sejak adanya sistem operasi Android yang singgah di hampir semua smartphone yan beredar di pasaran. Sebagai sistem yang merajai platform yang ada, Android merupakan salah satu dari sekian banyak pemikiran ide kreatif yang diluncurkan oleh para ahli dalam mendukung kemampuan smartphone dari segi fisik dan fitur yang semakin berkembang. Biasanya untuk mengimbangi hal tersebut banyak developer OS meningkatkan kualitas fitur yang ada di dalamnya.

Tampilan performa dari smartphone Android yang diklaim mumpuni dari segi performa yang akhirnya menjadi magnet bagi penggunanya. Terbukti banyaknya tawaran harga handphone Android di era milenium saat ini sudah lebih terjangkau lebih murah sampai dengan yang termahal. Mungkin banyak netizen yang mengklaim bahwa HP Android lebih unggul dari sistem operasi mobile lainnya karena mudah di sesuai pengaturan oleh penggunanya itu sendiri. Namun walaupun begitu, banyak perangkat seluler HP yang berbasis OS milik Google ini mengalami perlambatan sistem atau biasa disebut lag / lemot dari kinerja smartphone. Dengan kondisi Hp Android yang tidak memiliki koneksi yang stabil ini tidak jarang pengguna awam tidak mengerti cara mengatasi HP Android yang lemot.

Cara Mengatasi Android Lemot

Cara Mengatasi Android Lemot (androidcentral.com)

Adanya smartphone Android yang sering digunakan dapat mengalami penurunan performa seiring berjalannya waktu. Hal ini bisa terjadi entah itu performa yang semakin lelet / lemot atau masa pakai baterai yang menurun. Penurunan performa tidak hanya terjadi pada barang gadget melainkan barang peralatan elektronik terutama yang seperti laptop, PC atau yang lainnya baik itu secara di sadari maupun tidak, tetapi hal tersebut memang berlaku. Ada sejumlah faktor yang bisa mempengaruhi kinerja dari Hp salah satunya karena faktor waktu yang menyangkut usia gadget itu sendiri, karena semakin lama digunakan maka akan semakin berkurang daya pacunya. Maka dari itu disini kami juga akan memberikan beberapa penyebab sekaligus cara mengatasi Hp Android lemot, berikut ulasanya.

1. Matikan Auto Update Aplikasi

Operasi sistem Android telah memiliki banyak sekali aplikasi didalamnya seperti aplikasi jejaring media sosial, aplikasi fotografi, game dan sebagainya. Namun jika semua layanan yang ada di Google Play Store perlu melakukan pembaruan secara otomatis. Namun pada sistem mobile market Android telah mengaktifkan fitur update aplikasi secara otomatis. Dengan aktifnya auto update secara tidak langsung memang dapat membuat aplikasi terus diperbaharui tanpa harus mengeceknya secara manual. Hal inilah yang membebani kinerja dari Hp yang hanya memiliki RAM sedikit. Cara mematikan auto update Android adalah masuk ke aplikasi Play Store – menu PilihanSetting – pilih Auto update Apps – pilih Do not update apps

2. Internal memory dan RAM 

Memiliki HP Android yang memiliki kapasitas penyimpanan besar seakan diarus bagi mereka yang aktif disemua media sosial BBM, Facebook, Line, Instagram dan lainnya. memiliki Internal memory dan RAM (Random Acces Momory) yang besar, biasanya akan semakin besar kemungkinan Hp Android memiliki performa kerja yang stabil tanpa lambat. Dan sebalikanya bila Internal memory dan RAM kecil maka lambat laun performa HP pasti akan lambat atau lemot. Ada beberapa pilihan RAM yang biasanya beredar di smartphone Android yaitu 512MB, 1Gb, 2GB dan seterusnya.

3. Hapus Cache

Sebagai salah satu pemilik Hp Android tidak jarang masyarakat modern memiliki aktivitas broswing atau chatting yang lebih sering digunakan. Pada dasarnya aktifitas tersebut sebenarnya ada cache yang akan selalu bertambah. Jadi bisa dikatakan bahwa semakin banyak cache yang menumpuk dapat menyebabkan ponsel Android akan menjadi lemot. Jadi bisa kami sarankan cara untuk menghapus cache tersebut bisa menggunakan aplikasi seperti Clean Master, DU Speed Booster atau aplikasi yang lain yang bisa diperoleh pada mobile market Play Store.

Seperti yang diketahui diatas bahwa ada beberapa cara mengatasi Hp Android lemot / lag yang mana dari masing-masing list memiliki kemampuannya sendiri. Bisa dikatakan juga bahwa daya pacu smartphone Android akan mengalami penurunan kinerja dengan berputarnya waktu. Akan tetapi hal tersebut dapat dihindarkan dengan melakukan perawatan dan penggunaan yang sesuai dengan aturan yang sudah kami paparkan sebelumnya. Selain itu kami harapkan proses tersebut dapat menghambat kerusakan pada sistem operasi Android. Hal ini juga yang memberikan keuntungan dengan kinerja smartphone Android yang berjalan secara stabil dengan masa penggunaan yang lebih lama.