Cara Mengatasi HP Android Rusak / Error Karena Terkena Air

Mengatasi Android Rusak Error Karena Terkena Air – Sebagai salah satu ponsel yang memiliki banyak pengguna khususnya di Indonesia, Android memang menjadi salah satu sistem operasi yang saat ini ramai digunakan. Berbagai jenis dan juga merek turut serta dalam melakukan pengembangan yang sudah dilakukannya. Tidak terkecuali seperti merek terkenal Samsung, Sony, Asus, Xiaomi, Oppo dan banyak brand lainnya. Namun dari yang dikenal bahwa setiap merek smartphone memiliki spesifikasi yang berbeda-beda. Bisa juga di lihat dari harga dan juga ketahanan dalam setiap performa yang dimilikinya, misalnya saja dari jumlah RAM, kamera, body dan lainnya. Dari masing-masing fitur yang dibawanya tentunya memiliki kelebihan dan kekurangan yang bisa saja rentan kerusakan / eror karena beberapa faktor yang bisa mempengaruhinya.

Seperti yang sudah kami singgung sebelumnya bahwa ada beberapa ketahanan dari ponsel pintar Android bisa dibilang bervariasi. Ada beberapa jenis HP yang memang sangat rentan terhadap beberapa masalah salah satunya jika Android terkena air. Dalam keseharian aktifitas masyarakat yang diluar rumah bisa saja smartphone yang ada dalam saku atau pegangannya terkena air hujan atau yang lainnya. Dalam hal ini bisa kemungkinan terjadi apabila air mengenai sisi komponen penting dari HP bisa saja terjadi eror atau tidak bisa dinyalakan. Akan tetapi berbeda dengan smartphone yang memang di desain khusus yang saat ini tahan air atau waterproof beberapa diantaranya adalah Sony Experia XZ, Samsung Galaxy S7 dan yang lainnya. Namun apabila masyarakat banyak yang menggunakan HP Android yang tidak tahan air, maka mereka juga akan kesulitan cara mengatasi Android terkena air.

Cara Mengatasi HP Terkena Air

Cara Mengatasi HP Terkena Air (tekdry.com)

Pada dasarnya smartphone Android yang masuk ke dalam air secara tidak langsung layar sentuh dapat mengakibatkan konsleting pada fungsi touchscreen atau komponen lainnya. Dengan adanya insiden tersebut apabila tidak segara ditangani, dapat berdampak pada kerusakan layar sentuh terutama touchscreen. Hal ini dikarenakan pada suatu bagian layar HP memiliki sifat yang sangat tertutup dan harus steril. Jika ada benda asing yang masuk, maka penyebaran cahaya yang berasal dari backlight akan mengalami kendala. Apalagi jika ada air yang masuk pada celah diffuser atau reflektor cahaya dalam panel. Maka dari itu bagi anda yang saat ini mengalami kendala cara atasi HP rusak terkena air, kami disini akan memberikan beberapa alternatif yang bisa diterapkan, berikut ulasanya.

Lepaskan Perangkat-Perangkat

Apabila HP Android kecebur ke dalam air tentunya air sudah membasahi keseluruhan bagian dari HP. Hal pertama yang harus dilakukan adalah membuka beberapa perangkat dari dalam ponsel yang bisa dilepaskan. Untuk mengurangi resiko korslet Anda bisa melepaskan seperti baterai, memory card, SIM dan lain-lain. Biarkan perangkat terpisah sampai kering dan jangan dipasang dahulu karena chasing di handphone belum benar-benar bersih dari air. Selain itu ada beberapa hal yang perlu di ingat bahwa smartphone dalam keadaan mati arus listrik tetap jalan walau hanya untuk beberapa bagian perangkat saja. Kalau bisa cashingnya di buka, buka saja untuk mempercepat proses pengeringan.

Keringkan Handphone atau Tablet

Seperti yang sudah kami bahas diatas bahwa untuk melakukan cara memperbaiki HP yang terkena air adalah dengan mengeringkan. Yang paling perlu untuk dikeringkan adalah sirkuit listrik yang terdapat di gadget seperti baterai, chas, SIM card dan memory card. Bagian-bagian tersebut kami haruskan benar-benar kering karena bila ada air masuk akan membuatnya korslet. Hal ini dikarenakan bagian ini begitu kecil sehingga sirkuit listriknya juga sangat kecil dan rapat. Jika bisa dihitung mungkin hanya butuh 1/4 tetes air untuk menyambungkannya. Cara mengeringkan HP yang basah bisa menggunakan hairdryer, direndam dengan beras, jeli sillica dan yang lainnya.

Apabila cara mengatasi Android terkena air diatas sudah dilakukan, maka anda bisa menghidupkan kembali smartphone yang digunakan. Namun sebelum itu dilakukan kami juga akan menyampaikan beberapa hal yang tidak boleh dilakukan ketika HP dalam keadaan basah. Beberapa diantaranya adalah usahakan untuk tidak menghidupkan smartphone apabila dalam keadaan mati. Selain itu untuk menghindari kerusakan terhadap layar adalah untuk tidak menekan pada bagian sisi layar HP agar tidak timbul kerusakan yang lebih parah lagi. Disamping itu untuk memastikan smartphone Android benar-benar kering tunggu dalam waktu 24 jam setelah melakukan proses pengeringan seperti yang sudah kami sampaikan diatas.