Cara Memperbaiki Layar Sentuh Android yang Rusak / Error

Cara Memperbaiki Layar Android Rusak – Sebagai salah satu HP pintar tentunya dari segi tampilan dan juga performa sangat diperhitungkan. Dari segi tampilan saja layar Android saat ini sudah berbasis touchscreen. Layar sentuh sendiri merupakan sebuah visual yang dapat mendeteksi secara otomatis terhadap keberadaan sentuhan benda pada layar. Beberapa jenis touchscreen sendiri menggunakan layar jenis CSTN TFT dan OLED. Dalam penggunaanya sendiri smartphone yang menggunakan touchscreen akan lebih memudahkan pengguna dalam melakukan suatu hal dibandingkan dengan smartphone yang masih menggunakan tombol fisik. Hal ini dilakukan guna mengikuti jaman yang berkembang.

Seperti yang sudah diketahui banyak publik bahwa fungsi utama touchscreen sebagai alat untuk mengendalikan smartphone dalam melakukan berbagai kegiatan, maka tidak jarang pula yang mengalami masalah pada layar sentuh smartphone mereka. Hal ini mungkin didasari dengan beberapa penyebab yang mana dalam pengguannya sendiri atau memang ketahanan dari layar yang memang rendah. Namun ada menyebabkan kerusakan touchscreen Android misalnya respon touchscreen yang lama pada saat disentuh, tidak akurat, error, bahkan tidak berfungsi sama sekali. Dengan adanya kendala seperti ini tidak jarang mayarakat yang juga masih belum mengetahui informasi cara mengatasi layar Android rusak atau eror.

Cara Mengatasi Layar Android Eror

Cara Mengatasi Layar Android Eror (droidviews.com)

Jika berbicara mengenai faktor kerusakan touchscreen Andrid sendiri sebenarnya ada beberapa faktor yang menyebabkan layar sentuh tidak bekerja dengan semestinya. Misalnya saja bisa terjadi dari faktor internal, yang diantaranya adalah rusaknya perangkat lunak (software) dari sistem operasi smartphone itu sendiri. Selain itu juga bisa terjadi pada hardware layar smartphone yang memang sudah rusak dan harus diganti. Walaupun  layar atau LCD smartphone memiliki 2 lapisan yang mana terdapat lapisan luar berfungsi sebagai pelindung dan lapisan dalam merupakan layar utama (LCD) yang terhubung dengan power dan fleksibel. Maka dari itu disini kami akan memberikan cara memperbaiki layar Android yang rusak atau eror, berikut ulasanya.

Membersihkan Layar Smartphone

Apabila layar atau LCD HP Android sedikit mengalami kendala, maka salah satu cara yang paling simple adalah dengan membersihkan layar sentuh smartphone. Hal ini dikarenakan bisa jadi penyebabnya karena layar smartphone kotor terkena debu maupun basah terkena keringat atau benda cair lainnya. Bersihkan permukaan layar smartphone dengan menggunakan kain kering yang bersih kemudian coba tes kembali layar HP dengan menghidupakan ke menu utama.

Melakukan Kalibrasi Layar Perangkat

Jika dengan mempbersohkan layar HP bukan menjadi solusi yang utama, maka cara memperbaiki layar Android berikutnya terjadi masalah pada hardwar. Layar sentuh / touchscreen yang tidak berfungsi dengan baik bisa jadi disebabkan oleh pengaturan layar smartphone tersebut memang tidak sesuai dengan aturan yang diberlakukan. Maka dari itu, jika layar smartphone masih bisa disentuh tetapi tidak akurat, maka perlu melakukan kalibrasi layar yang bisa dibuka melalui pengaturan. Setelah itu uji lagi apakah layar Android sudah berfungsi dengan baik atau belum.

Membersihkan RAM

Dengan mempbersihkan RAM atau menghapus beberapa aplikasi yang tidak penting juga bisa menjadi solusi ketika layar / touchscreen tidak berfungsi dengan baik. Hal ini bisa saja disebabkan karena beratnya beban yang harus diproses oleh smartphone. Biasanya beberapa aplikasi yang berjalan di background tanpa sadari juga bisa memperberat kinerja HP Android sehingga diperlukan waktu lama untuk kembali normal. Jadi, yang harus dilakukan adalah menghapus beberapa aplikasi yang dirasa tidak perlu, kemudian restart HP.

Dengan adanya ketiga cara memperbaiki layar Android yang rusak / eror diatas, bisa menjadi salah satu pilihan altrenatif yang bisa dijadikan refrensi. Namun disisi lain kami juga akan memberitahukan bahwa apabila layar smartphone sudah mengalami pecah, keluar garis-garis, atau retak dan tidak bisa berfungsi maka bisa mencoba untuk melakukan Flash atau reset ulang smartphone. Namun jika masih saja tidak bisa diatasi maka, langkah terakhir yang harus dilakukan adalah mengganti layar LCD smartphone dengan yang baru sesuai dengan merek dan juga tipe smartphone yang digunakan.