Cara Kunci File / Gallery Android agar Hidden atau Tidak Terlihat Orang Lain

Cara Kunci File/Gallery di Android – Penggunaan smartphone dijaman sekarang telah membuktikan bahwa ada banyak kelebihan dari sisi positif dari kehadirannya. Terlebih lagi sejak Android secara resmi sudah digunakan hampir semua merek HP yang ada di Indonesia. Tidak terkecuali adalah Samsung, Xiaomi, Asus, dan yang lainnya. Namun yang membuat Android banyak digandrungi adalah spesifikasi dan juga layanan aplikasi yang dimilikinya. Dengan begitu para pengguna juga akan merasa diuntungkan dengan kelengkapan fitur dan juga kelebihan yang dibawa dari masing-masing smarphone. Secara tidak langsung dalam satu perangkat HP bisa memenuhi dan memberikan kebutuhan dalam melakukan aktifitas yang diperlukan.

Tidak hanya itu saja, dengan kemajuan teknologi yang saat ini berkembang juga ada banyak kasus negatif yang terkadang membuat pengguna smartphone lebih merasa waspada atas apa yang digunakan. Salah satunya dari media sosial dan juga beberapa orang yang sering membuka privasi HP pengguna. Bisa dari chatting media sosial, beberapa file gambar dan juga video yang biasanya terdapat pada gallery. Berawal dari sinilah yang kemudian pengguna HP lebih protectif terhadap gadget yang dimiliki. Tidak jarang mereka akan melakukan hidden pada gallery agar orang lain tidak bisa mengetahuinya. Namun dari sisi yang berbeda ada beberapa pengguna yang masih awam dengan cara kunci file gallery foto dan video agar tidak bisa diketahui oleh orang lain.

Cara Kunci Gallery foto di HP Android

Cara Kunci Gallery foto di HP Android (dreamcss.com)

Pada dasarnya melakukan hidden atau menyembunyikan file dari HP secara tujuan bisa dikatakan sama seperti memberi password atau kata sandi pada aplikasi chatting seperti BBM, Line, WhatsApp dan yang lainnya. Hanya saja untuk hidden sendiri sudah dibedakan menjadi 2 yaitu menggunakan aplikasi pihak ketiga yang ada di Playstore atau menggunakan aplikasi file hidden bawaan dari smartphone. Jika pengguna memilih tanpa aplikasi tambahan maka pengguna hanya perlu mengakali sistem tersebut agar file yang ingin disembunyikan tidak terbaca di galeri maupun aplikasi lain. Maka dari itu disini kami akan memberikan beberapa cara kunci file atau hidden gallery foto dan video agar tidak bisa dilihat oleh orang lain, berikut adalah ulasan terlengkapnya.

Cara Kunci File / Gallery Hidden HP Android

  1. Langkah awal adalah buka fitur File Manager atau File Browser, lalu tap pada Menu (berupa ikon tiga garis vertikal) > Setting, dan nyalakan opsi “Show Hidden Files” atau “Hidden Directories”.
  2. Setelah itu buka halaman File Manager dan klik tombol menu (berupa ikon tiga titik mendatar) dan klik pada “New Folder”.
  3. Selanjutnya harus menamai folder tersebut. Nama folder tersebut harus diawali dengan tanda titik (.) sebagai contoh, beri nama folder tersebut dengan .mygalerry.
  4. Apabika foldernya sudah dibuat, letakkan semua foto dan video yang ingin disembunyikan di dalam folder tersebut.

Dengan melakukan cara mengunci file gallery agar hidden diatas bisa dilakukan sendiri tanpa harus menggunakan aplikasi pihak ketiga. Nah, jika sudah selesai melakukannya, maka bisa mengakses foto tersebut melalui File Manager, dan menemukan folder yang sudah dibuat sebelumnya. Anda bisa membuat agar folder tersebut sepenuhnya tidak terlihat dengan cara buka File Mnager, lalu pilih menu Setting dan nonaktifkan opsi “Show Hidden File”. Jika ingin membuka folder tersebut, cukup aktifkan kembali opsi Show Hidden-nya. Namun jika belum memiliki aplikasi File Manager yang sudah pre-installed, bisa juga mengunduhnya aplikasi File Manager dari Google Play Store seperti ES File Explorer File Manager, File Expert, OI File Manager dan yang lainnya.