Cara Kalibrasi Baterai Android Secara Manual dan Aplikasi (Tanpa Root)

Cara Kalibarasi Baterai Android – Jika membicarakan mengenai operasi sistem Android telah menjadikan namanya akan menjadi pokok pembahsan yang menarik. Dari setiap sisi yang ada pada performanya memberikan sisi kelebihan dan juga kelemahan tersendiri. Terlebih lagi jika fitur dan juga aplikasi yang bertengger pada Play Store seakan menjadi mobile market yang paling laris dicari oleh masyarakat yang menggunakan smartphone. Hal ini lah yang membuat layanan operasi yang identik dengan robot warna hijau ini semakin memberikan prestasi bagus. Terlebih lagi para pengembang dan juga perusahaan vendor Hp memberikan layanan Android pada perangkat yang dimilikinya. Namun dengan kelebihan yang dimiliknya ini juga masih memberikan beberapa kekurangan yang  biasanya menjadi keluhan bagi penggunanya.

Jika di lihat dari sudut pandang penggunaanya, Hp yang yang berlabel Android yang sering kali mengalami keluhan dan permasalahan sering adalah baterai cepat habis. Pada dasarnya, baterai juga termasuk salah satu komponen yang terdapat smartphone yang paling rawan rusak. Jika kondisi tersebut terus berlanjut hingga sudah rusak, maka indikator dengan daya yang tersimpan di baterai menjadi tidak tersinkron dengan baik. Selain itu penurunan daya baterai ini dapat dipengaruhi oleh beberapa faktor, beberapa diantaranya adalah kerusakan sistem perangkat Android atau memang kualitas dari baterai yang buruk. Namun kebanyakan yang terjadi adalah karena kerusakan sistem pada Android. Jika hal ini terjadi, maka diperlukan kalibrasi baterai Android agar menjadi normal lagi seperti semula.

Cara Kalibrasi Baterai Android

Cara Kalibrasi Baterai Android (play.google.com)

Istilah kata kalibrasi sendiri sering di dengar pada saat kita membeli Hp pada kondisi baru dimana pada sistem operasi Android yang memiliki fitur yang disebut dengan baterai statistik. Pada pengopeasian ini yang nantinya akan melacak kapasitas baterai ketika terisi penuh atau kosong. Selai itu fitur ini memungkinkan OS untuk melacak tingkat persentase baterai. Pada dasarnya tujuan dari kalibrasi baterai sendiri dilakukan untuk penunjukkan icon persentase sisa baterai yang ada pada layar ponsel akurat seperti kondisi yang terdapat pada energi yang sesungguhnya. Namun tidak jarang saat ini dengan penggunannya yang sudah lama ada pengguna yang ingin melakukan penyetelan ulang terhadap energi daya Hp-nya tanpa harus melakukan root. Untuk itu kami akan memberikan cara kalibrasi baterai Android tanpa root, berikut pemaparannya.

Cara Kalibrasi Secara Manual

  1. Charge Hp Android sampai 100% penuh dalam keadaan menyala.
  2. Kemudian matikan Hp
  3. Lakukan charge lagi hingga penuh (biasanya lampu LED akan berwarna hijau)
  4. Hidupkan kembali, lalu charge sekali lagi hingga full.
  5. Lalu gunakan Hp Android untuk aktifitas seperti browsing, nonton video, chatting, atau lainnya (Jangan di-charge sampai smartphone mati sendiri)
  6. Jika ponsel mati dalam kondisi baterai habis, diamkan dulu kira-kira 10-15 menit.
  7. Sekarang charge kembali keadaan mati hingga penuh kembali.

Cara Kalibrasi Menggunakan Aplikasi

Salah satu aplikasi yang kami rekomendasikan untuk mengatasi cara kalibrasi baterai Android adalah dengan Advanced Battery Calibrator yang dikembangkan oleh Extended Apps. Sebuah aplikasi yang mendapatkan share ratting sebanyak 4.6 ini juga sudah banyak digunakan hingga 90 ribu reviews di Play Store. Jumlah yang banyak ini sepadan dengan beberapa fitur yang diusung di dalamnya. Beberapa diantaranya adalah mampu mendeteksi baterai secara akurat dengan kerjasama dengan Battery Life Repair. Jika tertarik untuk mengunduhnya anda bisa mendapatkan di Play Store atau klik disini

Disisi lain kami juga akan memberitahukan bahwa sebelum Anda melakukan car a kalibrasi baterai Android yang kami berikan diatas, sebaiknya periksa terlebih dahulu kesehatan baterai apakah baterai menggelembung, retak atau ada kebocoran. Apabila masalah tersebut tidak ada, maka bisa melakukan kalibrasi baterai Android, namun jika bermasalah kami sarankan untuk mengganti baterai Android dengan kondisi baru. Selain itu, melakukan penyetelan secara akurat baterai ini tidak disarankan untuk melakukam secara berkala lantaran akan cepat merusak baterai yang digunakan.