Cara Menghemat Kuota Internet Android Secara Efektif

Cara Hemat Kuota Android – Ramainya publik yang menggunakan operasi sistem Android saat ini, diklaim telah mematikan OS Symbian yang sebelumnya digunakan oleh merek Hp Nokia. Pergeseran era semacam ini telah membuat nama Android semakin jaya dengan di dukung sejumlah perusahaan yang mengembankan layanan yang diklaim user friendly terhadap penggunanya. Bukan hal yang mustahil jika sistem robot yang identik dengan warna hijau ini memiliki banyak pengguna. Hal ini lantaran fitur dan juga aplikasi yang ada di dalamnya mampu menyedot perhatian netizen terutama bagi aplikasi chattingnya seperti BBM, Facebook, Line, WhatsApp dan lainnya. Dengan adanya ketertarikan inilah yang kemudian sejumlah merek Hp yang menenggerkan Android didalamnya juga ikut populer.

Dengan sejumlah layanan aplikasi yang dibawa oleh Android memiliki kapasitas yang notabennya relatif besar. Selain memakan jumlah RAM yang ada di Hp, ternyata juga bisa menghabiskan kuota data internet yang digunakan. Walaupun dengan borosnya pengguna dengan koneksinya, namun keuntungan justru datang dari sejumlah provider yang menyediakan pilihan kuota internet yang memiliki jumlah kuota serta bonus internet. Terlebih lagi bagi Telkomsel, Indosat Ooredoo, XL dan yang lainnya yang secara konsisten memberikan layanan jaringan. Akan tetapi beberapa pengguna smartphone yang sudah paham dengan penggunaan data terhadap aplikasi yang dibawanya akan mengetahui cara hemat kuota Android agar tida lagi boros digunakan.

Cara Hemat Kuota Android

Cara Hemat Kuota Android (androidcentral.com)

Dengan penggunaan yang terkadang sudah bisa terkontrol, sebagian masyarakat akan tidak memperdulikan jika ada beberapa aktifitas browsing yang nantinya akan membuat data kuota internet akan cepat habis. Beberapa diantaranya adalah digunakan streaming youtube, download file yang berkapasitas besar, membuka jejaring sosial yang memiliki autoplay video dan yang lainnya. Walaupun terkadang ada beberapa provider yang memberikan promosi lewat hemat kuota yang digunakan, namun hal tersebut tidak bisa dimanfaat jika sebagai penggunanya tidak bisa mengkontrol penggunaan itu sendiri. Maka dari itu bagi anda yang saat ini masih awam dengan cara hemat kuota Android, kami akan memberikan ulasan dibawah ini.

Gunakan Aplikasi Chatting Hemat Kuota

Pilihan alternatif di awal untuk menghemat kuota adalah dengan memilih aplikasi chatting yang memang dibutuhkan. Hal ini dikarenakan ada beberapa aplikasi media sosial yang sekali kita membukanya akan membutuhkan data yang relatif banyak. Salah satunya adalah aplikasi Facebook Android yang saat ini banyak publik mengunduhnya walaupun saat ini sudah ada Lite yang juga bisa membuka beranda Fb. Selain itu, jika terlalu banyak banyak aplikasi media sosial, tentunya juga akan membutuhkan pembaruan. Terlebih lagi Anda mengaktifkan auto update aplikasi pada Play Store.

Menggunakan Browser Opera Mini / UC Browser

Seperti yang diketahui bahwa kedua brwoser  Opera Mini dan juga UC browser memiliki layanan yang paling ringan dan juga tidak ada tampilan advertising / iklan yang notabenya juga akan membantu hemat kuota Android. Selain itu browser yang identik dengan warna orange ini memiliki  kemampuannya untuk mengkompres data browsing dimana ketika membuka sebuah situs, ternyata dalam situs tersebut terdapat data sebesar 140.40 Mb maka UC Browser akan menghemat data tersebut sebesar 85%. Hal yang hampir mirip juga bisa dilakukan oleh opera mini yang notabennya juga mampu membuka halaman website dalam mode desktop tanpa ada kendala yang berarti.

Nonaktifkan Auto-Update pada Aplikasi

Seperti yang kami singgung sebelumnya bahwa tingkat penggunaan tersebesar dari smartphone Android adalah melakukan update di Google Play. Untuk mengatasi hal ini, cukup masuk ke Play Store –  set opsi Auto Update – Do not Auto Updates apps. Apabila memang dibutuhkan atau diharuskan untuk melakukan pembaruan pada aplikasi, kami sarankan untuk melakukanlah secara manual. Pilih My Apps, kemudian lihat satu per satu, mana yang membutuhkan pembaruan yang sering digunakan. Perlakuan semacam ini juga bisa berdampak pada penghematan baterai Android.

Beberapa pilihan cara hemat kuota Android yang telah kami sediakan diatas, tentunya bisa di lakukan sendiri yang sekiranya membutuhkan. Namun, jika data kuota tidak dipergunakan terlalu penting kami sarankan untuk mematikan semetara data yang dipergunakan untuk menghindari beberapa aplikasi yang sedang berjalan. Selain itu jika menginginkan pembaruan terhadap aplikasi dan game, maka  bisa memanfaatkan koneksi Wifi yang mana saat ini lokasi umum tertentu sudah tersedia free wi-fi.