Alasan-alasan Kenapa Android Tidak Bisa Update OS ke Versi Baru

Alasan Android Tidak Bisa Update ke Versi Baru – Dalam beberapa penggunaan dalam dunia gadget, Android telah lebih unggul dibanding OS yang lain seperti BlackBerry, iOS dan yang lainnya. Mungkin hal tersebut telah didukung dengan beberapa kecakapan yang dimiliki oleh Android itu sendiri. Misalnya saja dari aplikasi yang dibawanya, performa dan juga fitur yang melengkapinya. Sistem operasi yang digunakan oleh Android saat ini telah dimiliki oleh Google sepenuhnya. Namun pada sebelumnya sistem operasi  ini dahulunya dimiliki oleh perusahaan lain dimana setelah itu pada tahun 2005 barulah diambil alih sepenuhnya oleh Google yang kemudian berkembang pesat seiring dimulainya pasar smartphone berisikan OS Android.

Perlu kami informasikan bahwa hampir setiap tahunnya, Google selalu merilis Android dengan OS versi terbaru yang tentunya dilengkapi dengan fitur baru dan perbaikan kinerja dari pada sebelumnya. Jika sebelumnya masyarakat yang menggunakan OS Jelly Bean atau KitKat sudah bisa merasakan kelebihan yang dimilikinya, namun saat ini OS versi terbaru pun sudah semakin banyak digunakan. Update-an versi OS yang keluar akan langsung ditenggerkan pada keluaran merek dan juga brand smartphone dengan spesifikasi yang mumpuni. Beberapa keluaran OS versi terbaru adalah ada Lollipop (5.0), Marsmallow (6.0) dan yang terbaru adalah Nougat (7.0). Akan tetapi tidak semua smartphone bisa melakukan pembaruan sistemnya, lantaran ada beberapa alasan OS Android tidak bisa update ke versi terbaru.

Android Tidak Bisa Update OS

Android Tidak Bisa Update OS (androidcentral.com)

Untuk beberapa penggunaan smartohone Android memang ada beberapa yang tidak bisa melakukan pembaruan sistem. Mungkin hal sama juga sering terjadi pada mereka yang ingin mengunduh aplikasi atau game yang tidak support pada OS Android yang digunakan. Dalam beberapa manfaat update sistem OS Android bisa memiliki keuntungan beberapa diantaranya adalah performa akan bekerja lebih maksimal karena biasa proses upgrade akan memperbaiki dan menyempurnakan kekurangan yang ada di Android versi sebelumnya. Namun hal tersebut tidak bisa dilakukan oleh semua smartphone lantaran ada beberapa kendala dan juga alasan kenapa HP Android tidak bisa memperbarui versinya, berikut ulasanya.

Google Dahulukan Update OS Buatanya Sendiri

Sebagai salah satu nama besar dalam pepengembangan Android, Google sendiri tentunya akan memberikan versi terbaru dalam perangkat yang akan dikeluarkan. Perlu kami informasikan bahwa Android sendiri merupakan salah satu platform open-source. Jadi  bisa kami katakan bahwa setiap pengembang / developer dan produsen secara bebas untuk menyesuaikan dan membuatnya sendiri pada jenis dan juga merek gadget yang akan dikeluarkan. Misalnya saat ini anda memiliki perangkat Android dengan berbagai user-interface seperti ZenUI (milik asus), Touchwich dari samsung. Dengan kondisi yang berbeda tentuna Google juga memproduksi Androidnya sendiri yaitu Google Nexus. Secara tidak langsung produk milik Google inilah yang akan pertama kali menerima pembaruan OS versi terbaru.

Penyetujuan Produsen

Apabila perangkat sudah dirangkai dalam bentuk produk, maka disinilah peran produsen berikutnya yakni dengan bisa mengakses source code dan mulai membuat pembaruan untuk Android mereka sendiri. Dalam pengambilan keputusan biasanya juga produsen akan memutuskan mana perangkat yang akan diperbarui dan mana yang tidak. Biasanya beberapa produk baru akan menjadi prioritas utama untuk mendapatkan update. Ini adalah permainan produsen agar pelanggan senang dan penjualan bisa meningkat. Untuk perangkat Android yang terdahulunya harus menunggu dan mungkin alasan utamanya mungkin karena ruang penyimpanan yang terbatas. Perlu disampaikan pula bahwa OS versi terbaru memerlukan ruang penyimpanan yang lebih besar daripada versi lama, karena memang ada perbaikan fitur dan kinerja.

Produsen Melakukan Tes Rendam

Melakukan tes rendam disini bukan bermaksud melakukan penyeburan kedalam air, melainkan harus melakukan pengujian untuk memastikan stabilitas sistem dan mengidentifikasi bug. Jika hal tersebut sudah dilakukan, maka bisa dikatakan smartphone Android sudah terbukti sukses. Dalam hal ini produsen akan meluncurkan update melalui Over The Air (OTA) dimana mereka akan menyediakan update untuk semua pengguna melalui halaman update software pada perangkat mereka. Untuk membuat sebuah pembaruan pada sistem Android tentunya juga harus melakukan beberapa tahapan. Dengan adanya alasan smartphone Android tidak bisa update bisa saja dikarenakan kapasitas dan juga fitur yang ada didalamnya tidak mumpuni.